WAHYU ROBI AWALUDIN, 155050068 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL LAPS-HEURISTIC. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER BERWARNA.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB III.pdf Download (677kB) | Preview |
|
Text
3. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
3. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi dalam pembelajaran matematika memiliki peranan penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam membentuk pengetahuan dan keterampilan matematika. Kenyataannya kemampuan komunikasi matematika siswa masih kurang. Salah satu penyebabnya adalah guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memunculkan ide-ide atau gagasan selama proses pembelajaran dan siswa kurang diberi kesempatan untuk mengkontruksi pengetahuannya sendiri dan mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata, dengan kata lain pembelajaran lebih terpusat pada guru. Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini dikembangkan suatu pembelajaran matematika dengan menggunakan model LAPS-Heuristic. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang lebih tinggi kemampuan komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristc dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui manakah yang lebih baik disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic dengan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksprimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X IPS SMA PASUNDAN 7 Bandung, subjek tidak dikelompokkan secara acak tetapi menerima subjek seadanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan Disposisi Matematis. Tes terdiri dari tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Tes diujicobakan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil uji coba semua soal dapat dipakai. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program software SPSS 20.0 for Windows dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional dan terdapat hubungan atau korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic. Kata kunci: Model LAPS-Heuristic, Kemampuan Komunikasi Matematika dan Disposisi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2019 07:56 |
Last Modified: | 14 Sep 2019 07:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43488 |
Actions (login required)
View Item |