KORELASI KONSENTRASI KOAGULAN GLUCONO DELTA LACTONE (GDL) DAN SUHU PENGGUMPALAN TERHADAP KARAKTERISTIK DADIH KACANG KORO PEDANG (Canavalia ensiformis)

Joko Priyono, 14.302.0334 and Tantan Widiantara, DS and Syarif Assalam, Ds (2019) KORELASI KONSENTRASI KOAGULAN GLUCONO DELTA LACTONE (GDL) DAN SUHU PENGGUMPALAN TERHADAP KARAKTERISTIK DADIH KACANG KORO PEDANG (Canavalia ensiformis). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari korelasi antara konsentrasi koagulan Glucono Delta Lactone (GDL) dan suhu penggumpal yang digunakan terhadap karakteristik dadih kacang koro. Penelitian ini terdiri dari dua tahap penelitian. Penelitian tahap I bertujuan untuk menentukan perbandingan antara kacang koro pedang dengan air, dimana perbandingan yang digunakan yaitu kacang (koro : air) 1 : 6, 1 : 8, dan 1 : 10. Perbandingan yang dipilih berdasarkan kadar protein dan total rendemen tertinggi yaitu 1 : 8. Penelitian tahap II menggunakan metode Regresi Linear Berganda dengan variabel independent konsentrasi koagulan Glucono Delta Lactone atau GDL (1% ; 1,2% ; 1,4% ; 1,6% ; dan 1,8%) dan suhu penggumpalan (65°C ; 70°C ; 75°C ; 80°C ; dan 85°C) dan variabel dependent (kadar protein, kadar lemak, dan rendemen). Hasil penelitian tahap II menunjukkan bahwa konsentrasi koagulan Glucono Delta Lactone (GDL) dan suhu penggumpalan berkorelasi sangat kuat terhadap kadar protein dengan nilai koefisien korelasi 0,91, berkorelasi rendah terhadap kadar lemak dengan nilai koefisien korelasi 0,19, dan berkorelasi kuat terhadap rendemen yang dihasilkan dengan nilai koefisien korelasi 0,89. Kata kunci : Kacang Koro Pedang, Regresi Linear Berganda, Glucono Delta Lactone

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Kacang Koro Pedang, Regresi Linear Berganda, Glucono Delta Lactone
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:32
Last Modified: 10 Sep 2019 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43174

Actions (login required)

View Item View Item