PENGARUH KONSENTRASI PLASTICIZER GLISEROL DAN PERBANDINGAN AIR DENGAN RUMPUT LAUT TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM RUMPUT LAUT (Eucheuma cottoni)

Novita Nur Ariyanti, 12.302.0002 and Hasnelly, DS and Ina Siti Nurminabari, Ds (2019) PENGARUH KONSENTRASI PLASTICIZER GLISEROL DAN PERBANDINGAN AIR DENGAN RUMPUT LAUT TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM RUMPUT LAUT (Eucheuma cottoni). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
NOVITA NUR ARIYANTI_123020002_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (327kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi antara konsentrasi plasticizer dan perbandingan air dengan rumput laut terhadap karakteristik edible film rumput laut. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3×3 dan ulangan sebanyak 3 kali. Faktor pertama yaitu konsentrasi gliserol yang terdiri dari p1 (1%), p2(2%) dan p3(3%). Faktor yang kedua yaitu perbandingan air dengan rumput laut yang terdiri r1 (3,5:1), r2(4:1) dan p3(4,5:1). Respon pada penelitian ini adalah respon kimia adalah kadar air, respon fisika adalah kecepatan larut dan ketebalan dan uji organoleptik yang meliputi warna dan penampakan. Berdasarkan hasil pengujian kuat tarik pada penelitian pendahuluan, jenis bahan plasticizer gliserol dan pengolahan bahan baku yaitu rumput laut dibuat bubur memiliki nilai kuat tarik terbesar yaitu 12,68 MPa. Konsentrasi gliserol berpengaruh terhadap respon kadar air, kecepatan larut dan penampakan, tetapi tidak berpengaruh terhadap warna. Perbandingan air dengan rumput laut berpengaruh terhadap respon kadar air, kecepatan larut, warna dan penampakan. Interaksi antara konsentrasi gliserol dan perbandingan air dengan rumput laut berpengaruh terhadap respon kadar air, kecepatan larut, warna dan penampakan. Kata kunci : Edible film, Rumput laut, dan Plasticizer.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Edible film, Rumput laut, dan Plasticizer
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:31
Last Modified: 09 Sep 2019 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43131

Actions (login required)

View Item View Item