Darisman Baehaki, 113030154 and Farid Rizayana, DS and Endang Khadar, ds (2019) OPTIMALISASI DESAIN SUSPENSI KENDARAAN PEDESAAN “WAKABA”. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
DARISMAN BAEHAKI 113030154.pdf Download (841kB) | Preview |
Abstract
Kenyamanan dalam berkendara sudah menjadi tuntutan bagi para pengendara maupun penumpangnya. Sejalan dengan tuntutan kenyaman yang semakin tinggi, maka penelitian akan kenyamanan berkendara banyak dilakukan. Kondisi ideal yang ingin diperoleh dalam kenyamanan adalah kemampuan pengendara untuk menahan getaran selama mungkin. Tetapi kondisi ini hampir tidaklah mungkin dicapai, sehingga pendekatan yang ditempuh yaitu meminimumkan efek gangguan yang berupa ketidakrataan permukaan jalan dengan memasang sistem suspensi diantara roda dan bodi kendaraan. Sistem suspensi merupakan salah satu bagian utama dari kendaraan yang memegang peranan penting dalam aspek kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain dapat mempengaruhi kestabilan kendaraan dan daya lekat ban terhadap jalan, sistem suspensi juga berfungsi untuk mengurangi getaran dan goncangan akibat permukaan jalan yang tidak rata agar tidak diteruskan kebodi. Proses optimalisasi serta menganalisa desain suspensi sistem suspensi kendaraan multiguna pedesaan (WAKABA) ini diharapkan hasil yang diperoleh yaitu, menghasilkan desain sistem suspensi yang lebih baik lagi dalam fungsinya, memiliki berat yang lebih ringan, meningkatkan kestabilan sistem suspensi pada kondisi jalan yang tidak rata, jenis material, mampu berjalan dijalur ekstrim (Offroad), serta harga produksi yang terjangkau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model Engineering Design Process. Objek penelitian dari tugas akhir ini adalah optimalisasi desain sistem suspensi yang selanjutnya akan diaplikasikan pada kendaraan pedesaan WAKABA. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah perangkat lunak Solidwork. Tujuan dan hasil yang diinginkan dalam proses penelitian ini, diharapkan mampu merancang ulang desain suspensi yang lebih baik sesuai dengan yang diinginkan. Mengingat biaya simulasi yang pada umumnya akan memerlukan biaya yang sangat mahal. Tetapi dengan semakin berkembangnya komputer, maka hal diatas tersebut dapat diminimalisir yakni dengan melakukan simulasi pengujian secara teoritis yang berbasis metode matematis dengan menggunakan suatu program bantu (software) yaitu dengan menggunakan software Solidwork yang digunakan pada redesign dan simulasi tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2018 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 16 Mar 2019 05:25 |
Last Modified: | 16 Mar 2019 05:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41821 |
Actions (login required)
View Item |