USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES PEMBUATAN PAPER BAG DENGAN MENGGUNAKAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS : PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK. CIREBON)

FARIO ROZAAN, 143010212 and Yogi Yogaswara, DS (2019) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES PEMBUATAN PAPER BAG DENGAN MENGGUNAKAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (STUDI KASUS : PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK. CIREBON). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
FARIO ROZAAN_143010212_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (520kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur dengan produk berupa semen. Menekankan permasalahan berupa banyaknya kegagalan proses paper bag yang dapat menurunkan kualitas produk. Dengan hal ini untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan analisis terhadap produk sebagai dasar untuk melakukan perbaikan. Membuat grafik kendali P (P-Chart) untuk mengendalikan proposi data atribut berdasarkan jumlah kegagalan proses paper bag. Alat analisis yang digunakan adalah dengan metoda Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Metoda Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) menggunakan Rating Severity, Rating Occurrence, Rating Detection, dan diagram Fishbone didalam mengerjakan permasalahannya. Ada 6 (enam) kegagalan proses paper bag yang di teliti yaitu panjang tube menyimpang, lebar tube menyimpang, jarak perforasi dengan cross pasting menyimpang, jarak overlap dua kertas berurutan menyimpang, cap tidak lengkap dan rusak, bottom gagal. Didalam kegagalan proses paper bag perlu dilakukan langkah yang efektif dalam mengurangi dan mengendalikan kegagalan proses paper bag yang terjadi pada setiap prosesnya dengan menggunakan teknik pengendalian yang sistematis yang tepat. Setelah dilakukan analisis maka dapat diketahui bahwa paper bag pada bagian kegagalan bottom gagal memiliki nilai Rating Severity, Rating Occurrence, Rating Detection tertinggi dibandingkan dengan kegagalan proses paper bag lainnya. Nilai total RPN bottom gagal yaitu 72, sedangkan nilai RPN keseluruhan adalah (RPN 187) dan setelah perbaikan adalah (RPN). Dengan adanya usulan perbaikan yang dilakukan dapat menekan tingkat kegagalan proses paper bag yang di produksi di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Memberikan rencana perbaikan dengan menggunakan metode kipling 5W+1H untuk mencari tahu penyebab dari kegagalan proses paper bag. Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, P (P-Chart), FMEA, Fishbone, Metode Kipling 5W+1H

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:41
Last Modified: 13 Mar 2019 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41576

Actions (login required)

View Item View Item