ANALISIS BEBAN FISIK PEKERJA PENGANGKUTAN BOX BAR PILL STEP DENGAN METODE NORDIC BODY MAP, RWL DAN RULA (STUDI KASUS : DIV. PENGANGKUTAN PT. SRIKANIA CITRA MANDIRI)

RAHARTIKA JULIA NURANI, 113010124 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2019) ANALISIS BEBAN FISIK PEKERJA PENGANGKUTAN BOX BAR PILL STEP DENGAN METODE NORDIC BODY MAP, RWL DAN RULA (STUDI KASUS : DIV. PENGANGKUTAN PT. SRIKANIA CITRA MANDIRI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
113010124-Rahartika Julia Nurani-Teknik Industri.pdf

Download (685kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Srikania Citra Mandiri merupakaan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dengan produk utama yang dihasilkan berupa sparepart otomotif berbahan dasar besi dan rubber (compound). Aktifitas kerja pada PT. Srikania Citra Mandiri salah satunya adalah pengangkutan box bar pill step. Dalam sekali pengangkutan kapasitas yang harus di angkut adalah 200 hingga 400 kg dengan menggunakan manual material handling. Beban untuk seorang pekerja dalam satu sesi pengangkatan dapat mengangkut sebanyak 3 sampai 5 box, berat satu box adalah 30 sampai 40 Kg. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis postur kerja yang bersifat statis dan repetitive untuk mengurangi resiko musculoskeletal disorders. Metode yang digunakan untuk menganalisis keluhan dan kelainan pada tubuh adalah metode Nordic Body Map dimana tingkat keluhan yang paling signifikan yaitu sakit lengan bawah kiri dan lengan bawah kanan, dengan kategori keluhan masuk dalam kategori sangat sakit dengan presentase mencapai 100%. Untuk merekomendasikan batas beban yang diangkat oleh manusia tanpa menimbulkan cedera meskipun pekerjaan tersebut dilakukan secara repititif dan dalam jangka waktu yang lama dengan menggunakan metode RWL (Recommended Weight Limit). Hal ini ditandai dari besarnya nilai LI yang kedua berniali nya diatas 1, baik untuk nilai RWL/LI awal (origin) maupun nilai RWL/LI tujuan (destination), dimana nilai LI untuk awal (origin) adalah 1,18 angka tersebut sudah melampaui batas aman yang di rekomendasikan dan nilai LI untuk tujuan (destination) adalah 4,75. Selain itu metode survey yang dikembangkan untuk penyelidikan ergonomi tentang tempat kerja dimana ada kaitannya dengan gangguan tubuh bagian atas yaitu dengan menggunakan metode RULA (Rapid Upper Limb Assemenet), baik dengan cara manual (worksheet) maupun dengan software Ergointelligence, menunjukkan bahwa level kedua aktivitas pekerjaan tersebut, termasuk kategori level 4, artinya kedua aktivitas tersebut mengindikasikan memerlukan investigasi dan perubahan terhadap postur kerja yang harus dilakukan dengan segera. Kata Kunci : Moskuloskeletal disorder, Nordic Body Map, RWL, RULA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:35
Last Modified: 13 Mar 2019 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41568

Actions (login required)

View Item View Item