KARAKTERISTIK KAMABOKO HASIL SAMPING OLAHAN IKAN LELE DENGAN PERBANDINGAN TEPUNG TAPIOKA (Cassava flour) DENGAN TEPUNG SAGU (metroxylon Sp) DAN PENAMBAHAN KARAGENAN

Mohammad Dani Pratama, 133020173 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Yusep Ikrawan, DS (2019) KARAKTERISTIK KAMABOKO HASIL SAMPING OLAHAN IKAN LELE DENGAN PERBANDINGAN TEPUNG TAPIOKA (Cassava flour) DENGAN TEPUNG SAGU (metroxylon Sp) DAN PENAMBAHAN KARAGENAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Mohammad Dani Pratama_133020173_Teknologi Pangan.pdf

Download (389kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perbandingan tepung tapioka dengan tepung sagu dan penambahan karagenan terhadap karakteristik kamaboko hasil samping olahan ikan lele. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola factorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang akan dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor perbandingan tepung tapioka dan tepung sagu (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 ( 1 : 3 ), a2 ( 1 : 1 ), a3 ( 3 : 1 ) dan konsentrasi karagenan (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (1%), b2 (1,5%), b3 (2%). Sehingga diperoleh 27 satuan percobaan ulangan. Variable respon organoleptik meliputi warna, aroma, dan tekstur. Analisis kimia yang dilakukan adalah kadar protein (Kjedahl), kadar air (Gravimetri), kadar lemak (Soxhlet), serta analisis fisik yang dilakukan adalah uji kekuatan gel (Teksture analyzer). Hasil penelitian pendahuluan menunjukan bahwa waktu pengukusan terpilih yaitu 10 menit dan hasil kadar protein ampas daging ikan lele sebesar 16,4199%. Hasil penelitian utama menunjukan bahwa perbandingan tepung tapioka dengan tepung sagu memberikan pengaruh nyata terhadap kadar protein, kadar air, kadar lemak, kekuatan gel, warna, aroma dan tekstur. Perlakuan konsentrasi karagenan memberikan pengaruh nyata terhadap kadar protein, kadar air, kadar lemak, kekuatan gel, warna dan tekstur. Interaksi perbandingan tepung dan konsentrasi karagenan memberikan pengaruh nyata terhadap kadar protein, kadar air, kekuatan gel, warna dan tekstur. Kata Kunci : Tepung Tapioka, Tepung Sagu, Karagenan, Hasil samping olahan Ikan Lele, Kamaboko.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:46
Last Modified: 06 Mar 2019 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41156

Actions (login required)

View Item View Item