USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUKSI SEPATU VENTURA FULL BLACK DENGAN MENGGUNAKAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Kasus Di Pt. Brodo Ganesha Indonesia)

FAHRIZAL SEPTIAN NUGROHO, 143010220 and Putri Mety Zalynda, DS and CHEVY HERLI SUMERLI, DS (2019) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUKSI SEPATU VENTURA FULL BLACK DENGAN MENGGUNAKAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Kasus Di Pt. Brodo Ganesha Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR FAHRIZAL SEPTIAN NUGROHO (143010220).pdf

Download (356kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Brodo Ganesha Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang industri sepatu dan aksesoris. Saat ini PT. Brodo Ganesha Indonesia sedang menghadapi permasalahan kualitas, dimana produk sepatu yang defective masih cukup tinggi. Hal tersebut terjadi disebabkan kegagalan yang terjadi pada proses produksi yang idealnya kegagalan tersebut terdeteksi pada saat proses produksi. Untuk mengurangi timbulnya produk yang defective, perlu dilakukannya pengendalian kualitas mulai dari bahan baku, proses produksi sampai produk akhir, sehingga permasalahan kualitas yang timbul dapat secara cepat dan efektif untuk dilakukannya perbaikan. Saat ini perbaikan yang dilakukan perusahaan hanya menganalisis penyebab kegagalan yang kemudian melakukan perbaikan untuk masalah yang terjadi. Perbaikan yang dilakukan oleh perusahaan masih bersifat perbaikan yang dilakukan apabila terjadi permasalahan, sehingga kegagalan yang sama masih dapat terulang. Oleh sebab itu, diperlukan suatu rencana perbaikan yang berkelanjutan. Jenis defective yang terpilih berdasarkan diagram pareto pada proses jahit upper terdiri dari kulit bolong, kulit sobek, dan jahitan terputus yang menjadikannya sebagai modus kegagalan potensial yang terjadi pada sepatu ventura full black. Perlu diketahui faktor prioritas perbaikan terhadap kegagalan proses dengan menggunakan failure mode and effect analysis (FMEA) yang bertujuan untuk menghilangkan potensial failure. Dalam melakukan perbaikan kualitas, dapat dilihat dengan melakukan perhitungan risk priority number (RPN). Nilai RPN diperoleh berdasarkan faktor severity, occurrence dan detection. Diketahui nilai RPN dari ketiga modus kegagalan potensial yaitu kulit bolong 72, kulit sobek 48, dan jahitan terputus 12. Usulan perbaikan yang dilakukan didasarkan dari ranking tertinggi dari hasil perhitungan RPN yaitu kulit bolong dengan usulan perbaikan maintenance mesin 2 minggu sekali, pembersihan mesin khususnya komponen feed dogs setiap pergantian shift kerja, pemberian pelumas pada drat pengunci needle bar, penambahan klep pada sambungan antara penggerak needle bar dengan needle bar, pemberian gel pelumas pada sumbu putar bobbin, penempatan bobbin dan bobbin case yang renggang pada setiap sisi, pembersihan bobbin case dua minggu sekali. Perbaikan secara berkelanjutan dilakukan dengan melihat faktor mana saja yang belum diteliti. Kata Kunci: Quality Improvement, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Risk Priority Number (RPN), 5W1H

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:48
Last Modified: 04 Mar 2019 01:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41018

Actions (login required)

View Item View Item