PENGARUH KETINGGIAN DATARAN PENANAMAN DAN KONSENTRASI MSP TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA PATI KENTANG MEDIANS (Solanum tuberosum L.) TERMODIFIKASI CROSS-LINKING DAN HMT

Ari Rismawati, 143020044 and Yusep Ikrawan, DS and Ira Endah Rohima, DS (2019) PENGARUH KETINGGIAN DATARAN PENANAMAN DAN KONSENTRASI MSP TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA PATI KENTANG MEDIANS (Solanum tuberosum L.) TERMODIFIKASI CROSS-LINKING DAN HMT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
ARI RISMAWATI_143020044_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (232kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kentang merupakan salah satu komoditas hortikultura yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga produktivitas tanaman kentang ini selalu meningkat namun ketersediaan lahan terbatas. Oleh karena itu perlu adanya varietas kentang yang mampu dikembangkan di dataran medium salah satunya adalah varietas medians. Potensi hasil dari varietas ini cukup tinggi sehingga dapat dilakukan pengembangan olahan salah satunya adalah pembuatan pati namun pati alami memiliki kelemahan maka perlu dilakukan modifikasi untuk memperbaiki sifat aslinya. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik fisikokimia pati kentang termodifikasi. Tujuannya untuk menentukan pengaruh perbedaan ketinggian dataran penanaman dan konsentrasi MSP pada cross-linking dengan suhu dan waktu terpilih pada HMT terhadap karakteristik fisikokimia pati kentang. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan pati kentang alami menjadi pati kentang termodifikasi. Penelitian ini meliputi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan adalah pembuatan pati alami dan dilakukan analisis fisikokimia. Penelitian utama merupakan pembuatan pati modifikasi. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (RPT) dengan 2 faktor yaitu faktor ketinggian dataran penanaman dan faktor konsentrasi MSP (monosodium phosphate). Pola faktorial yang digunakan 2 x 5 dengan jumlah ulangan sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketinggian dataran penanaman umbi kentang berpengaruh terhadap kadar air, kapasitas penyerapan air (KPA), freeze thaw stability, dan swelling power. Perbedaan konsentrasi MSP pada cross-linking dengan perlakuan suhu dan waktu terpilih pada HMT berpengaruh terhadap kadar air, kadar amilopektin, kapasitas penyerapan air (KPA), freeze thaw stability, dan swelling power. Serta interaksi antara keduanya berpengaruh terhadap kapasitas penyerapan minyak (KPM) dan solubility. Kata kunci : cross-linking, heat moisture treatment, modifikasi pati, monosodium phosphate, pati kentang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Feb 2019 02:48
Last Modified: 09 Feb 2019 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40421

Actions (login required)

View Item View Item