PENGARUH PERBANDINGAN KARAGENAN DENGAN ISOLAT SOY PROTEIN DAN PENAMBAHAN KONSENTRASI ASAM ASKORBAT TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)

Eva Lisundawati, 143020208 and Thomas Gozali, DS and Hasnelly, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN KARAGENAN DENGAN ISOLAT SOY PROTEIN DAN PENAMBAHAN KONSENTRASI ASAM ASKORBAT TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
EVA LISUNDAWATI_143020208_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perbandingan karagenan dengan isolat soy protein yang tepat dalam membuat sosis ikan lele sangkuriang dan untuk mendapatkan konsentrasi asam askorbat yang tepat dalam pembuatan sosis ikan lele sangkuriang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan ikan lele sangkuriang sebagai bahan baku utama dalam pembuatan sosis ikan lele sangkuriang, untuk mengetahui pengaruh perbandingan karagenan dengan isolat soy protein dan penambahan konsentrasi asam askorbat terhadap karakteristik sosis ikan lele sangkuriang. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x3 dengan tiga kali ulangan sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Perlakuan terdiri dari dua faktor, faktor pertama yaitu perbandingan karagenan dengan isolat soy protein (ISP) yang terdiri dari tiga taraf yaitu p1 = (1:1), p2 = (1:2), p3 = (1:3) dan faktor yang kedua yaitu penambahan konsentrasi asam askorbat yang terdiri dari tiga taraf yaitu k1 = (0,2%), k2 = (0,4%), dan k3 = (0,6%). Respon kimia yang dilakukan terhadap sosis ikan lele sangkuriang meliputi analisis kadar air, kadar protein, kadar lemak, kadar abu, dan uji organoleptik terhadap atribut warna, tekstur, aroma dan rasa. Perlakuan terbaik diperoleh dari hasil organoleptik dan akan dianalisis kadar antioksidannya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa perbandingan karagenan dengan isolat soyprotein (ISP) berpengaruh terhadap kadar air dan kadar protein, kadar lemak dan kadar abu. Penambahan konsentrasi asam askorbat berpengaruh terhadap kadar air dan kadar protein. Interaksi antara perbandingan karagenan dengan isolat soy protein (ISP) dan penambahan konsentrasi asam askorbat berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein. Perlakuan terbaik yang diperoleh (p2k2), yaitu perbandingan karagenan dengan isolat soy protein (1:2) dan penambahan konsentrasi asam askorbat (0,4%). Sosis ikan lele sangkuriang eksperimen terbaik mengandung kadar air 58,80%, kadar protein 18,71%, kadar lemak 7%, dan kadar abu 2%, serta memiliki nilai aktivitas antioksidan sebesar 294,13 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Feb 2019 04:57
Last Modified: 08 Feb 2019 04:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40407

Actions (login required)

View Item View Item