DESAIN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

Ika Yunitasari, NPM : 158060004 (2018) DESAIN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL IKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematika yang memegang peranan penting dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, masih banyak siswa yang belum menguasai kemampuan ini dikarenakan beberapa hal, antara lain siswa tidak memiliki buku pegangan untuk belajar di rumah sehingga siswa hanya mengandalkan materi yang diajarkan di sekolah, akibatnya siswa kurang bisa mengeksplor kemampuannya terutama kemampuan pemecahan masalah karena keterbatasan waktu belajar di sekolah. Oleh karena itu diperlukan suatu bahan ajar yang bisa digunakan oleh siswa untuk belajar di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu desain bahan ajar dengan pendekatan metakognitif berbasis pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, yang terdiri dari tiga tahap yaitu studipendahuluan, pengembangan produk, dan uji ahli (materi dan media pembelajaran) serta uji terbatas terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli materi pembelajaran diperoleh tingkat kelayakan bahan ajar sebesar 4,22 sedangkan dari uji ahli mediai pembelajaran sebesar 4,09, yang menunjukkan bahwa desain bahan ajar berada pada kategori baik. Kata Kunci: Bahan Ajar Matematika, Pendekatan Metakognitif, Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Dec 2018 07:30
Last Modified: 05 Dec 2018 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40251

Actions (login required)

View Item View Item