Hanapi Futu Wijaya, 145060161 (2018) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS IV DI KECAMATAN PAKENJENG KABUPATEN GARUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK ENGLISH.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (675kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar, siswa diharuskan memiliki motivasi belajar tersebut, oleh karena itu guru haruslah mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, aktif, dan efisien dan menyenangkan sehingga terciptalah motivasi dalam diri siswa tentunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat. pendekatan yang dapat diterapkan oleh guru salah satunya adalah pemberian reward dan punishment. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui Reward seperti apa yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2. Untuk mengetahui Punishment seperti apa yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 3. Untuk mengetahui motivasi seperti apa yang dapat ditingkatkan melalui pemberian Reward dan Punishment. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif jenis metode survei. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrument skala likert. Populasi dalam penelitian ini yang seluruh siswa kelas IV di tujuh Sekolah Dasar di Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 125 siswa, sedangkan pengambilan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Maka diambil sampel sebanyak 95 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reward verbal 77,72% sedangkan non verbal 63 32%, reward verbal dan non verbal termasuk kedalam kategori kuat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) punishment berupa isyarat 60,00%, berupa kata 74,74%, sedangkan punishment berupa pemberian tugas dan hadiah 74,28%, punishment yang lebih kuat untuk meningkatkan motivasi yaitu punishment kata dan pemberian tugas. (3) motivasi belajar ulet dalam menghadapi kesulitan 43,42%, ketekunan dalam belajar 77,98%, minat dan ketajaman perhatian dalam belajar 79,87%, sedangkan mandiri dalam belajar 63,58%, ketekunan dalam belajar, minat ketajaman perhatian dalam belajar, dan mandiri dalam belajar termasuk kedalam kategori kuat untuk ditingkatkan melalui pemberian reward dan punishment. Kata kunci: Reward, Punishment, dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 06:24 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 06:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40032 |
Actions (login required)
View Item |