PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

RETNO KUSUMADEWI, 145050102 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT (Inggris).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Masalah dalam penelitian ini diantaranya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP relatif masih rendah sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sebagian besar siswa meganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipelajari dan menakutkan, rasa takut yang timbul tersebut dapat menimbulkan kecemasan saat siswa belajar atau berinteraksi dengan matematika . Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui apakah apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan model Problem-Based Instrction lebih baik daripada yang mengggunakan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui disposisi matematis siswa SMP yang menggunakan model Problem-Based Instruction lebih baik daripada yang menggunakan model konensioal, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Islahul Amanah dan sampelnya dipilih secara acak sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis tipe uraian (pretes dan postes) dan instrument non-tes berupa angket Analisis data dilakukan dengan dengan menggunakan program SPSS 23.0 for Windows. Dari analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Problem-Based Instruction lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, disposisi matematis siswa yang menggunakan Problem-Based Instruction lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional, serta terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Instruction. Kata kunci : model Problme-Based Instruction, kemampuan pemecahan masalah matematis, disposisi matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2018 03:57
Last Modified: 22 Oct 2018 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39510

Actions (login required)

View Item View Item