ANALISIS KEBIJAKAN PERSEDIAAN MULTI ITEM DENGAN KENDALA MODAL KERJA (WORKING CAPITAL) (STUDI KASUS PT. BUNYAMIN INOVASI TEKNIK)

KHALIDA NUR ISLAMI, 143010247 and Sutarman, DS (2018) ANALISIS KEBIJAKAN PERSEDIAAN MULTI ITEM DENGAN KENDALA MODAL KERJA (WORKING CAPITAL) (STUDI KASUS PT. BUNYAMIN INOVASI TEKNIK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Wisuda Khalida Nur Islami 143010247.pdf

Download (508kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan dunia industri yang tumbuh dengan pesat menyebabkan timbulnya persaingan di berbagai perusahaan sejenis, untuk dapat bertahan maka diperlukan adanya peningkatan kinerja serta pengelolaan persediaan agar proses produksi berjalan dengan maksimal. Perusahaan dengan produksi multi item harus memiliki kebijakan persediaan yang tepat agar didapatkan biaya produksi yang minimum. Permasalahan yang dihadapi perusahaan ialah belum memiliki item produk prioritas serta belum dapat menentukan lot produksi untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dari permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan metode Economic Production Quantity (EPQ) Multi Item. Dari hasil penelitian didapatkan 15 item produk priotas dengan 3 siklus produksi optimal dalam satu tahun. Adapun dari hasil perhitungan EPQ terjadi penghematan total biaya persediaan sebesar 36% atau sebesar Rp. 1.321.582.801,00. Salah satu asumsi metode EPQ ialah tidak adanya kendala pada modal kerja, akan tetapi pada kondisi nyata anggaran dapat menjadi suatu keterbatasan. Oleh karena itu EPQ perlu disesuaikan dengan melibatkan suatu parameter bernama lagrange multiplier, yang dapat membantu menentukan ukuran lot produksi memperhatikan anggaran modal kerja. Nilai Lagrange multiplier yang diperoleh yaitu λ = 0,0279 dalam periode satu tahun. Dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa metode EPQ dapat membantu mengoptimalkan proses produksi perusahaan demi ketersediaan produk dalam memenuhi kebutuhan pasar. Kata Kunci : Persediaan, EPQ Multi Item, Lagrange Multiplier

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Oct 2018 02:40
Last Modified: 30 Oct 2018 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39460

Actions (login required)

View Item View Item