MODEL PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN BARANG YANG OPTIMAL UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI ONGKOS TRANSPORTASI (STUDI KASUS : PT. XYZ KOTA BANDUNG)

IGEN RUSMAGIAN, 143010241 (2018) MODEL PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN BARANG YANG OPTIMAL UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI ONGKOS TRANSPORTASI (STUDI KASUS : PT. XYZ KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel TA Igen R (143010241).pdf

Download (690kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. XYZ yang merupakan salah satu perusahaan waralaba swalayan yang menjual barang keperluan sehari–hari dengan toko ritel yang berada dibawah naungannya yang tersebar di Kota Bandung. Dalam kegiatan pendistribusiannya, perusahaan kesulitan dalam melakukan kegiatan penjadwalan dikarenakan demand yang berbeda-beda setiap ritelnya yang bergantung pada waktu dan musim, jarak tempuh yang berbeda serta keterbatasan kapasitas kendaraan yang ada dalam memenuhi permintaan setiap ritelnya. Dari sistem yang ada perusahaan menggunakan perhitungan manual dengan jadwal yang ditentukan berdasarkan demand tanpa memperhatikan jarak yang ditempuh kendaraan menjadikan total biaya distribusi yang dikeluarkan perusahaan mengalami peningkatan pada setiap bulannya. Penentuan rute kendaraan angkutan menjadi alternatif pemecahan masalah pada pendistribusian barang PT. XYZ demi terpenuhinya kepuasan pelanggan. Dalam penyelesaian masalahnya alat yang digunakan untuk penentuan rute yang optimal menggunakan dua tahap penyelesaian yaitu cluster first route second, pada tahap clustering ritel digunakan algoritma K-Means dan pada tahap routing menggunakan metode heuristik algoritma shrink-wrap dan nearest neighbour setelah terbentuk rute awal maka tahap terakhir mengoptimasi rute menggunakan Algoritma genetika. Dari pemecahan masalah yang dilakukan tersebut diharapkan dapat memberikan bahan pertimbangan pendukung keputusan dalam memaksimalkan kegiatan pendistribusian bagi perusahaan dalam memasok ritel-ritel yang ada di Kota Bandung serta dapat meminimasi total biaya transportasi yang dikeluarkan. Berdasarkan hasil pengolahan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode cluster first route second, didapatlah 10 cluster kelompok ritel dan 10 kendaraan yang digunakan menggunakan algoritma K-means. Untuk penentuan rute distribusi dilakukan menggunakan metode nearest neighbour dan algortima genetika. Didapat bahwa algortima genetika dapat lebih baik karena menghasilkan efisiensi sebesar 77,48% dengan pengurangan jarak tempuh sebesar 738,7 Km dibandingkan metode nearest neighbour yang hanya menghasilkan efisiensi sebesar 75,92% dengan pengurangan jarak tempuh sebesar 723,8 Km. Selain itu untuk tingkat efisiensi biaya sebesar 58,41% dengan pengurangan biaya sebesar Rp. 4.153.293,88. Kata Kunci : Vehicle Routing Problem, CVRP, Cluster First Route Second, Algoritma K-Means, Algoritma Shrink-Wrap, Nearest Neighbour, Algoritma Genetika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:57
Last Modified: 15 Oct 2018 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39119

Actions (login required)

View Item View Item