PENERAPAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS DALAM MENENTUKAN RUTE KENDARAAN PENGANGKUT SAMPAH DI KOTA BANDUNG WILAYAH BARAT DENGAN METODE SAVINGS-CLARKE & WRIGHT

RIAN TRI IRAWAN, 143010180 and Wahyu Katon, DS (2018) PENERAPAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS DALAM MENENTUKAN RUTE KENDARAAN PENGANGKUT SAMPAH DI KOTA BANDUNG WILAYAH BARAT DENGAN METODE SAVINGS-CLARKE & WRIGHT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TA_Rian Tri Irawan (143010180).pdf

Download (643kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang jasa kebersihan Kota Bandung, salah satunya adalah jasa pengangkutan sampah. Pengangkutan sampah di Kota Bandung dibagi dalam 4 (empat) wilayah, diantaranya yaitu : wilayah barat, wilayah utara, wilayah selatan, dan wilayah timur, dan wilayah barat menjadi studi kasus yang dipilih dalam tugas akhir ini. Permasalahan yang terjadi dalam pelayanan pengangkutan sampah yaitu terdapatnya timbunan sampah yang terdapat dibeberapa TPS. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan jumlah penduduk di Kota Bandung dan permasalahan dalam sistem pendistribusian, seperti jumlah armada truk yang terbatas, pemilihan rute yang tidak pasti, dan jadwal pengangkutan sampah yang belum tersusun. Dengan kondisi seperti ini, menyebabkan biaya operasional pengangkutan sampah menjadi besar. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode yang dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan dalam sistem pendistribusian pengangkutan sampah di Kota Bandung khususnya di wilayah barat. Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah pendistribusian yang terdapat kendala times windows didalamnya dan dibantu dengan metode Savings-Clarke & Wright untuk menentukan rute yang akan dilewati oleh kendaraan. Hasil dari penggunaan metode Savings-Clarke & Wright dari 39 titik TPS yang tersedia didapatkan 22 rute baru yang tergabung dalam 5 cluster. Pada kondisi saat ini, dengan jumlah truk yang tersedia sebanyak 5 unit di butuhkan waktu selama 8 hari untuk melayani seluruh TPS yang tersediai. Sedangkan dengan menggunakan rute yang dihasilkan metode Savings-Clarke & Wright, dengan jumlah truk yang tersedia sebanyak 5 unit dibutuhkan dibutuhkan waktu selama 5 hari untuk menyelesaikan seluruh TPS yang tersedia. Selain itu, jarak yang harus ditempuh pada kondisi saat ini sejauh 1.176,80 km dengan biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp. 29.680.000. Sedangkan jarak yang harus ditempuh oleh rute yang dihasilkan metode Savings-Clarke & Wrights sejauh 66,9 km dengan biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp. 13.874.931. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Savings-Clarke & Wrights dapat dilakukan penghematan jarak tempuh sebesar 43 % dan biaya yang dikeluarkan dilakukan penghematan sebesar 53 %. Kata Kunci : Vehicle Routing Problem with Time Windows, VRPTW, Savings- Clarke & Wrights, Rute Pengangkutan Sampah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:28
Last Modified: 11 Oct 2018 04:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38572

Actions (login required)

View Item View Item