PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Melong Mandiri 2 Kota Cimahi)

Haniifah Nuurul Jannah, 145060109 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Melong Mandiri 2 Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER HANI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak .pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab_1_hani.PDF

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II_hani.PDF

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III_hani.PDF

Download (493kB) | Preview
[img] Text
bab_4_hani.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
bab_5.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Melong Mandiri 2 Kota Cimahi dan dilatarbelakangi keadaan siswa yang kurang menunjukan hasil belajar di dalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pembelajaran pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus atau pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan-kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata yaitu 62. Hasil belajar siklus II 70 dan hasil belajar siklus III ratarata nilai mencapai 80. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik pada subtema yang lainnya. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:28
Last Modified: 09 Oct 2018 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38028

Actions (login required)

View Item View Item