RIZKY ADI SUBAGJA, 125050074 (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALLING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER[1].pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK[1].pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT[1].pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika yang dilaksanakan dewasa ini orientasinya lebih ditekankan pada upaya untuk mengantisipasi ujian-ujian selanjutnya terutama bagi yang ingin melajutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Peserta didik cenderung menghafalkan konsep-konsep dan rumus-rumus dari matematika serta seringkali dengan mengulang-ulang menyebutkan definisi yang diberikan guru atau yang tertulis dalam buku yang dipelajari, tanpa memahami maksud isinya. Orientasi tersebut mengakibatkan berkurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mendukung untuk siswa melakukan penyelesaian masalah, yaitu model pembelajaran Two Stay Two Stray dan model pembelajaran Snowballing. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowballing. 2) Mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray. 3) Mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Snowballing. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dari penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Patokbeusi dan mengambil sampel kelas X-IPA 2 dan X-IPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray tidak lebih baik atau sama dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran Snowballing. 2) Sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. 3) Sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Snowballing. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Snowballing, Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Oct 2018 07:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2018 07:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37792 |
Actions (login required)
View Item |