Puspasari, 145060105 (2018) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Organ Gerak Hewan di kelas V Semester I SDN 114 Bojong Koneng Cibeunying Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “penggunaan model cooperative learning tipe two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema organ gerak hewan” dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 114 Bojong Koneng Cibeunying. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang Sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar pun kurang maksimal. Oleh Karena itu diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, salah satunya model cooperative learning tipe two stay two stray. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray pada subtema organ gerak hewan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk membangun sikap percaya diri dan meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray. Adapun hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas V dengan menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray menghasilkan peningkatan sikap percaya diri dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 30%, siklus II sebesar 57% dan siklus III sebesar 87%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 54 (kurang), siklus II sebesar 71 (baik), dan siklus III sebesar 80 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 27%, siklus II sebesar 63% dan siklus III sebesar 90%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 54 (kurang), siklus II sebesar 70 (baik), dan siklus III sebesar 77 ( baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema organ gerak hewan. Kata Kunci : cooperative learning tipe two stay two stray, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Oct 2018 02:57 |
Last Modified: | 06 Oct 2018 02:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37656 |
Actions (login required)
View Item |