Lusi Hoerunnisa, 145060217 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian pendidik dalam mengajar masih menggunakan model konvensional, dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun dalam tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar evaluasi hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada hasil belajar peserta didik terdiri dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif peserta didik yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 50% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 75% dengan kategori baik, dan pada siklus III sebesar 90,62% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar ranah afektif sikap peduli peserta didik yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 40,62% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 65,62% dengan kategori kurang, dan pada siklus III sebesar 87,5% dengan kategori baik. Hasil belajar ranah afektif sikap santun peserta didik yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 40,87% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 68,75% dengan kategori kurang, dan pada siklus III sebesar 84,37% dengan kategori baik. Hasil belajar ranah psikomotor peserta didik yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 40,62% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 62,50% dengan kategori kurang, dan pada siklus III sebesar 87,37% dengan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata kunci: Model Discovery learning, hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 08:15 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 08:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37535 |
Actions (login required)
View Item |