PENGARUH MODEL TREFFINGER TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

DINA FITRIANI ASHRI, 145050108 (2018) PENGARUH MODEL TREFFINGER TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Treffinger merupakan merupakan salah satu dari sedikit model yang menangani masalah kreativitas secara langsung dan memberikan saran-saran praktis bagaimana mencapai keterpaduan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan kreatif matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Treffinger dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui peningkatan Self-confidence antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Treffinger dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (3) Mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan kreatif matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Control Group”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Katapang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu terdiri dari dua kelas yang dipilih secara random. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran ekspositori. (2) Peningkatan Self-confidence siswa yang mendapat pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran eskpositori. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan kreatif matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger. Dari kesimpulan tersebut, penulis menyarankan kepada guru untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Treffinger sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self-confidence dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Berpikir Kreatif Matematis, Self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:25
Last Modified: 03 Oct 2018 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37208

Actions (login required)

View Item View Item