KHOIRINA DWI AYU MAULIDIA M, 145050034 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PRINSIP TANDUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER1.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK eng fix.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II a.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III c.pdf Download (595kB) | Preview |
|
Text
BAB IV a.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
||
Text
BAB V a.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 menjelaskan bahwa dalam kurikulum 2013 terdiri dari 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengasosiasi dan Mengkomunikasikan). Oleh karena itu komunikasi matematis memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Namun pada kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis siswa SMA relatif masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat atau keinginan siswa belajar matematika, untuk itu dibutuhan ranah afektif yaitu kemampuan disposisi matematis. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Untuk mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh model Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model Quantum Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 6 Bandung. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Quantum Teaching dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Data yang terkumpul diolah menggunakan software IBM SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Quantum Teaching lebih baik daripada peserta didik yang meperoleh pembelajaran biasa; (2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Quantum Teaching. Kata kunci : Model Quantum Teaching, kemampuan komunikasi matematis, disposisi matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 08:58 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 08:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37136 |
Actions (login required)
View Item |