PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs)

AYU PUSPARINI DEWI, 145050029 (2018) PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah. Hal terseb ut disebabkan oleh pembelajaran matematika masih dipengaruhi oleh menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran CUPs. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran CUPs lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Mengetahui self-confidence siswa SMP yang memperoleh model CUPs lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) Mendeskripsikan efektivitas model CUPs terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 7 Cimahi tahun ajaran 2017/2018. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara tidak acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal -soal tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence yang menggunakan skala likert. Tes diuji cobakan terlebih dahulu di kelas VIII G. Berdasarkan analisis uji coba, semua soal tes layak dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 17.0 for windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : 1) Peningkatan Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan CUPs lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Self-Confidence matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan CUPs lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) Efektivitas pembelajaran CUPs untuk kemampuan komunikasi matematis kuat. Sehingga Model pembelajaran CUPs dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Komunikasi matematis, Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:36
Last Modified: 01 Oct 2018 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37034

Actions (login required)

View Item View Item