PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT)

WATI AGUSTIA RAHMAWATI, 145050080 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan koneksi termuat pada standar menurut NCTM, artinya kemampuan koneksi ini merupakan kemampuan yang penting yang harus dikembangkan dan dikuasai oleh siswa. Tetapi pada kenyataannya masih kita jumpai siswa yang kemampuan koneksi matematisnya rendah, rendahnya kemampuan koneksi matematis pada siswa bisa jadi ada kaitannya dengan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model pembelajaran yang kurang tepat yang mengakibatkan tujuan pembelajarannya tidak tercapai. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa adalah model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT). penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaanpeningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran strategi REACT dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) mengetahui peningkatan self-regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) mengetahui korelasi antara kemampuan koneksi dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan strategi REACT. Berdasarkan metodenya penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII yang dipilih tidak secara acak tetapi dipilih oleh sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian soal-soal kemampuan koneksi matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu, berdasarkan hasil ujicoba tersebut, semua soal layak dipakai untuk penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 24.0 for Windows. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajara Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) Tidak terdapat korelasi antara Self-Regulated Learning dengan kemampuan koneksi matematis. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Regulated Learning, Straegi REACT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:24
Last Modified: 01 Oct 2018 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37033

Actions (login required)

View Item View Item