Fitriana Bunga Fauziah, 145060232 (2018) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kondang 2 Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI FITRIANA-converted.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak english.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (606kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kondang 2 yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman.Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Kondang 2 yang kurang pemahaman terhadap pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model inquiry belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inquiry yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1. Merumuskan Masalah, 2. Merumuskan jawaban sementara (hipotesis), 3.Menguji jawaban tentative, 4. Menarik kesimpulan, 5 Menerapkan kesimpulan dan generalisasi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas inquiry siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I sebanyak 12 siswa (42,85%) yang mencapai KKM , siklus II 16 siswa (57,14%) sedangkan hasil siklus III 26 (92,85%) siswa yang telah mencapai KKM. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model inquiry dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata kunci:Inquiry, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 02:18 |
Last Modified: | 06 Oct 2018 07:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36870 |
Actions (login required)
View Item |