DELINA RISKI SHIYAMI, 145060099 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 020 Lengkong Besar Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK sunda.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (764kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKa.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaam model Problem Based Learning pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 020 Lengkong Besar Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli serta pembelajaran yang kurang aktif, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi sedangkan dalam menjelaskan materi, guru hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model problem based learning. Pengumpulan data menggunakan tekhnik tes pretes dan postes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi sikap siswa untuk mengetahui kegiatan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 31,57% sampai dengan 86,84%, sikap peduli pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 31% menjadi 94%. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik dengan tema dan subtema yang lainnya. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Sep 2018 03:42 |
Last Modified: | 15 Sep 2018 03:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36137 |
Actions (login required)
View Item |