Teni Suyanti, 145060098 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAH B. INDONESIA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (646kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan SDN Selagedang Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur dengan subjek penelitian pada siswa kelas IV B dengan jumlah siswa 22 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar ini masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. hal tersebut dapat terlihat dari: pertama, adanya peningkatan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai rata-rata 3,15, siklus II 3,40, dan siklus III 3,66. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai rata-rata 3,23, siklus II 3,39, dan siklus III 3,54. Ketiga, peningkatan motivasi yaitu pada siklus I mencapai rata-rata 69, siklus II 73, dan siklus III 78. Keempat, peningkatan hasil belajar siklus I mencapai rata-rata 65, siklus II 73, dan siklus III 83. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 08:18 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 08:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36101 |
Actions (login required)
View Item |