PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

Muhamad Ikbal Maulana, 145060051 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS .pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman kelas IV A. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas IV A SDN Selagedang, sebanyak 22 orang terdiri dari 9 orang lakilaki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase hasil belajar ranah kognitif mencapai 50% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 73% dan pada siklus III mencapai 82% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil obeservasi pada ranah afektif (sikap) peduli pada siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM hanya 55% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II meningkat mencapai 68%, dan pada siklus III mencapai 82%. Hasil observasi persentase keberhasilan sikap santun yang sudah mencapai KKM, pada siklus I hanya mencapai 55% masih perlu peningkatan, pada siklus II meningkat mencapai 68% tetapi masih belum mencapai angka keberhasilan, dan pada siklus III mencapai 82% dari jumlah siswa yang sudah mencapai kereteria tuntas atau mencapai KKM. Hasil observasi pada ranah psikomotor (keterampilan) pada siklus I persentase siswa yang sudah mencapai keriterian tuntas atau mencapai KKM hanya mencapai 59% artinya masih perlu tindakan pada siklus II, serta pada siklus II mencapai 73%, artinya masih perlu tindakan pada siklus III, serta pada siklus III mencapai 82% hasil observasi pada ranah psikomotor (keterampilan) sudah mencapai KKM. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman di Kelas IV A. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:07
Last Modified: 13 Sep 2018 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36099

Actions (login required)

View Item View Item