NiaVerawati, 145060053 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Daraulin Kecamatan Margaasih Kab. Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak iNggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARK SUNDA.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA GABUNGAN.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi yang masih berpusat kepada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SDN Daraulin kecamatan margaasih kabupaten bandung. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning sebagai alternatif dalam pemecahan masalah dan sebagai strategi dalam memperbaiki masalah pembelajaraan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas IV yang berjumalah 28 orang siswa, 15 orang perempuan dan 13 orang laki-laki, penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, penagamatan dan refleksi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar dan non tes untuk men entukan aktivitas belajar siswa. Pada penilaian aktivitas nilai rata-rata siklus I yaitu 2,75, siklus II nilai rata-rata 2.9 dan siklus III nilai rata-rata 3,25. Hasil belajar siklus I sebesar 46 % dengan kategori cukup, siklus II sebesar 75% dengan kategori baik, siklus III sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Hal ini berarti terdapat adanya suatu perubahan peningkatan kualitas pembelajaran, maka dari itu dapat diakatakan berhasil. Kesimpulan yang dieproleh dari penelitian ini adalah , bahwa penggunaan model problem based learning sangat menunjang terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pemeblajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata kunci : Problem based learning, aktivitas, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 06:35 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 06:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36082 |
Actions (login required)
View Item |