INDAH PERMATASARI, 145060206 (2018) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 213 Babakan Ciparay Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak indonesia.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (645kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Sub Tema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia Kelas IV SD Negeri 213 Babakan Ciparay Bandung. Di lapangan menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik pada sub tema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia rendah. Hal ini diduga, pendidik dalam melaksanakan pembelajaran, hanya menggunakan metode yang r elatif mudah dilaksanakan misalnya metode ceramah, sehingga proses pembelajaran berlangsung monoton dan peserta didik kurang aktif. Melalui model Project Based Learning diharapkan dapat meningkatkan peran pendidik dalam menggunakan model Project Based Learning dalam pembelajaran agar proses KBM lebih aktif, kreatif, dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Actions Research Class Room) dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik, mengembangkan pola pikir peserta didik ke arah pemikiran kritis dan dunia nyata serta menumbuhkan giat belajar dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari serta mengembangkan aktivitas dan kreativitas berfikir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Project Based Learning pada sub tema pelestarian sumber daya alam indonesia kelas IV SD Negeri 213 Babakan Ciparay Bandung dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, siklus I ranah afektif 61 %, siklus II 69 %, dan siklus III 86 %. Siklus I ranah kognitif 36%, siklus II 61%, dan siklus III 83%. Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik tersebut menggambarkan keberhasilan suatu penelitian, Namun pendidik dituntut untuk lebih professional dalam menggunakan dan memilih model, metode dan bahan ajar, dan harus mampu menciptakan suasana belajar yang disenangi peserta didik. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Model Project Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 04:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 04:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36050 |
Actions (login required)
View Item |