YUNITA SELVIANA, 145060037 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
| 
 | Text 1. COVER SKRIPSI.pdf Download (28kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstrak bahasa indonesia.pdf Download (9kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstrak bahasa inggris.pdf Download (11kB) | Preview | |
| 
 | Text Abstrak bahasa sunda.pdf Download (7kB) | Preview | |
| 
 | Text 13. BAB I.pdf Download (253kB) | Preview | |
| 
 | Text 14. BAB II.pdf Download (373kB) | Preview | |
| 
 | Text 15. BAB III.pdf Download (636kB) | Preview | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | |
| 
 | Text 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) | Preview | 
Abstract
Pada umumnya, pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan tidak aktif saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SDN 033 Asmi Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman budaya bangsaku dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), PTK ini berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama, keterampilan, pemahaman dan hasil belajar.Hal tersebut dapat terlihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 68% siklus II 79% dan siklus III 91 %. Kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I mencapai 70% siklus II 78% dan siklus III 88%. Ketiga, peningkatan sikap kerjasama yaitu pada siklus I mencapai 47% siklus II 65% dan siklus III 82%. Keempat, peningkatan kognitif atau pemahaman siswa yaitu pada siklus I mencapai 47% siklus II 74% dan siklus III 88%. Kelima, peningkatan keterampilan yaitu pada siklus I mencapai 47% siklus II 68% dan siklus III 82%. Keenam, peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 | 
| Depositing User: | Mr Andi Wijaya | 
| Date Deposited: | 06 Sep 2018 06:31 | 
| Last Modified: | 06 Sep 2018 06:31 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35969 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        