PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Madinatul Fadhilla, 145060245 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Kota Bandung pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian ini didasari oleh hasil belajar siswa yang relatif rendah, pelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak 3 siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama adanya peningkatan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 78%, siklus II 88%, dan siklus III 95%) kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I 77%, siklus II 86%, dan siklus III 97%) ketiga, adanya peningkatan sikap peduli (siklus I 34,6%, siklus II 65,4%, dan siklus III 84,4%) keempat, adanya peningkatan sikap santun (siklus I 30,8%, siklus II 61,5%, dan siklus III 86,5%) kelima, adanya peningkatan keterampilan (siklus I 30,8%, siklus II 59,6%, siklus III 88,5%) keenam, adanya hasil belajar (siklus I 38,8%, siklus II 50%, siklus III 80,7%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2018 06:26
Last Modified: 06 Sep 2018 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35968

Actions (login required)

View Item View Item