AGHNIYA SITI PATHONI, 145050109 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT (CRA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT agni fix.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (721kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan abstraksi matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan abstraksi matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah masalah keyakinan diri siswa (selfefficacy) masih rendah pula. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan self-efficacy adalah model pembelajaran Concrete Reprsentational Abstract (CRA). Tujuan dari penelitian ini (1) Mengetahui peningkatan kemampuan abstraksi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajajaran dengan model concrete representational abstract (CRA) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui self-efficacy antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model concrete representational abstract (CRA) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Mengetahui terdapat kolerasi positif antara kemampuan abstraksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran concrete representational abstract (CRA). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes postes. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Kota Bandung tahun ajaran 2017-2018. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol SMP Pasundan 2 Kota Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Peningkatan kemampuan abstraksi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajajaran dengan model concrete representational abstract (CRA) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Self-efficacy antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model concrete representational abstract (CRA) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat kolerasi positif antara kemampuan abstraksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran concrete representational abstract (CRA). Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran concrete representational abstract (CRA) dapat memberikan pengaruh baik terhadap kemampuan abstraksi matematis dan self-efficacy siswa SMP. Kata kunci: Model Pembelajaran Concrete Reprsentational Abstract (CRA), Pembelajaran Konvensional, Abstraksi Matematis, Self-Efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 18 Aug 2018 03:55 |
Last Modified: | 18 Aug 2018 03:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35513 |
Actions (login required)
View Item |