lili iswiandi, alumni and MUKI SATYA PERMANA, DS and Gatot Santoso, Ds (2018) ANALISIS KAPASITAS PENGEREMAN DRUM BRAKE DAN DISC BRAKE PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z1. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
Text
1. COVER.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) | Request a copy |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (994kB) | Request a copy |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
Abstract
Rem merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang mempunyai peranan sangat penting dalam keselamatan berkendara. Rem berfungsi untuk mengurangi atau menghentikan laju kendaraan. Sistem pengereman rem belakang khususnya sepeda motor yang menggunakan tipe drum brake harus menggunakan ukuran yang besar untuk memenuhi standar kapasitas pengereman. Kapasitas pengereman adalah energi yang dihasilkan oleh rem untuk menghentikan laju kendaraan. Penelitian ini melakukan perhitung dan membandingkan kapasitas pengereman antara drum brake dengan disc brake. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian rem, menghitung kapasitas pengereman dan menganalisis data yang diperoleh dari hasil perhitungan pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z1. Dari hasil pengujian diperoleh momen yang harus dihentikan oleh rem ialah sebesar 121,43 Nm dan kapasitas pengereman saat pengujian didapat 52,51 Nm dengan nilai koefisien gesek sepatu rem yang digunakan sebesar 0,23. Sehingga memiliki kekurangan sekitar 56,78%. Oleh sebab itu rem belakang pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z1 dapat dikatakan tidak memenuhi standar pengereman yang baik. Apabila hanya koefisien gesek dinaikkan menjadi 0.63 maka kapasitas pengereman yang didapat 103,44 Nm dan apabila dimensi rem dilakukan pembesaran 40% dengan koefisien gesek tetap yaitu 0,23 maka kapasitas pengereman didapat 121,45 Nm. Kemudian setelah tipe rem diganti menjadi disc brake dengan koefisien gesek 0.23 maka kapasitas pengereman yang didapat 92,03 Nm.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2017 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 03:16 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 03:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35479 |
Actions (login required)
View Item |