Tessya Putri Ramadianty, 135050084 (2018) “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching di SMAN 2 Subang.”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Banyak peneliti pun menyimpulkan bahwa belajar matematika siswa cenderung lebih sulit daripada belajar mata pelajaran lain. Banyak sekali penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika, Untuk meningkatkan pengetahuan pada matematika, maka perlu adanya kemampuan matematik terutama kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning , 2) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran metematika melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Subang dan sampelnya adalah siswa kelas X SMAN 2 Subang yang dipilih secara acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes tipe uraian dan skala sikap menggunakan skala Likert. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 23.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan model pembelejaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning. Selain itu, sikap siswa terhadap pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika secara umum tergolong positif. Oleh karena itu, model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, PembelajaranReciprocal Teachng, Sikap
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 11:23 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 11:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33512 |
Actions (login required)
View Item |