WIDIA LUCIANI, 123010154 and Tjutju Tarliah.D, DS and Mohammad Syarwani, DS (2018) MENENTUKAN METODE GROUPING TERBAIK DENGAN KRITERIA JARAK TERPENDEK PADA PERSOALAN MULTI DEPOT VRP. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
JUDUL TA.pdf Download (130kB) | Preview |
Abstract
Multiple depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) adalah suatu kasus VRP dimana depot yang dimiliki lebih dari satu,hal ini berimbas pada depot mana yang akan dipilih dalam melayani konsumen-konsumen yang ada. Pendekatan untuk permasalahan MDVRP sejauh ini dapat dipecahkan dengan menggunakan algoritma heuristik. Penyelesaian permasalahan MDVRP dapat dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama yaitu proses grouping kemudian tahap kedua yaitu proses clustering dan routing yang dapat dilakukan secara bersamaan. Proses grouping dilakukan untuk membagi titik-titik layanan kepada masing-masing depot sehingga dari persoalan m depot VRP akan diperoleh m-sub persoalan VRP dengan single depot. Tahap kedua yaitu proses clustering dan routing, proses ini dilakukan untuk mengurutkan serta membentuk rute dengan memperhatikan nilai saving dari jarak masingmasing titik sehingga didapatkan total jarak yang minimum. Untuk menentukan solusi terbaik suatu permasalahan memiliki kriteria seperti ongkos terkecil, waktu tercepat, jarak terpendek, dan sebagainya. Pada kasus ini terdapat 4 skenario dengan 16 persoalan yang telah diselesaikan. Masing-masing skenario memiliki kondisi yang berbeda-beda. Pada skenario 1 dan 2 memiliki depot sebanyak 2 dengan kapasitas kendaraan yang berbeda-bada yaitu sebesar 75 dan 100 unit. Sedangkan pada skenario 3 dan 4 memiliki depot sebanyak 3 dengan kapasitas kendaraan yang berbeda-bada yaitu sebesar 75 dan 100 unit. Pada tahap groping metode yang digunakan ada dua yaitu metode nearest neightbor dan metode transportation. Pada tahap clustering dan routing akan diselesaikan dengan menggunakan saving method dari Clarke & Wright. Masingmasing metode sangat mungkin memberikan hasil grouping yang berbeda sehingga solusi akhir persoalan penentuan rute kendaraan yang diperoleh juga berbeda. Karena itu pada penelitian ini akan dibahas beberapa metode yang dapat digunakan dalam proses grouping, untuk mengetahui metode grouping mana yang akan memberikan solusi persoalan MDVRP terbaik berdasarkan kriteria total jarak minimum. Hasil metode grouping terbaik dapat dilihat dari total jarak yang paling minimum. Sebanyak 14 dari 16 percobaan yang telah dilakukan dengan kondisi berbeda-beda,hasil terbaik didapatkan dari metode grouping nearest neightbor karena metode tersebut menghasilkan total jarak lebih kecil daripada metode grouping transportation. Kata kunci: Multiple Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP), Nearest Insertion, Transportation, Savings Method Clarke-Wright, Jarak Terpendek.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 08:04 |
Last Modified: | 06 Feb 2018 08:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32919 |
Actions (login required)
View Item |