PERANCANGAN MEKANISME ALAT ANGKUT KAPASITAS 10 TON

AGUS SALEH, NPM. 128712004 (2016) PERANCANGAN MEKANISME ALAT ANGKUT KAPASITAS 10 TON. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
jurnal agus s2 mesin unpas.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Salah satu kegiatan maintenance dalam melakukan bongkar pasang peralatan industri memerlukan mekanisme alat angkut dengan kriteria desain yang memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan untuk memenuhi kriteria tersebut adalah bobot 10 ton. Kriteria lain yang juga menentukan kualitas desain alat angkut adalah ruangan terbatas dan harus terbebas dari percikan api. Perancangan mekanisme alat angkut ini diterapkan pada pompa berdiameter 744 mm dan dengan panjang 6.000 mm. Selama ini kegiatan bongkar pasang untuk mengangkat pompa dilakukan dengan menggunakan Tower Crane dan harus diangkat ke atas setinggi 30 meter. Kelemahan dari Tower Crane ini adalah harus menyewa dengan biaya sekitar ratusan juta rupiah. Oleh sebab itu maka masalah yang akan dipecahkan dalam tugas akhir ini adalah bagaimana merancang mekanisme alat angkut yang sesuai dengan kondisi di atas. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah melakukan perancangan mekanisme alat angkut, konseptual desain, optimasi dimensi, pemilihan material dan proses manufaktur, dan analisis biaya. Lingkup dalam perancangan ini adalah beban yang dianalisis bersifat statik. Pemilihan komponen Engine, Outtriger, Power Pack hidrolik, silinder hidrolik dan rangka kendaraan merujuk pada standar yang disesuaikan dengan beban kerja. Tahapan yang dilakukan dalam penyelesaian tugas akhir ini adalah pengumpulan data lapangan dan gambar teknik, melakukan perancangan mekanisme alat angkut, melakukan konseptual desain, menganalisis hasil rancangan dengan bantuan software. Prinsip kerja dari perancangan mekanisme alat angkut ini adalah seperti mekanisme pada Dump Truck. Berdasarkan hasil optimasi dimensi dan analisis tegangan menggunakan software SolidWork dengan jenis material ASTM A36, maka diperoleh faktor keselamatan (FoS) sebesar 5,4 dan 3,6. Dengan demikian, maka mekanisme tersebut dianggap aman karena memiliki faktor keselamatan lebih besar dari satu.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Mesin 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:37
Last Modified: 13 Apr 2016 04:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item