Hilman Akbar, Alumni (2013) ANALISIS BEBAN KERJA TERHADAP PENGEMUDI BUS JURUSAN BANDUNG-DENPASAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (Studi Kasus di PT. PAHALA KENCANA Cabang Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
JURNAL.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
PT. PAHALA KENCANA merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi Bus Antar Kota Antar Propinsi melayani rute ke 55 kota tujuan di Pulau Sumatra, Jawa, Madura, dan Bali. Salah satu rute yang diteliti adalah aktivitas pengemudi rute Bandung-Denpasar. Para pengemudi bus rute Bandung-Denpasar dirasakan memiliki beban kerja yang tinggi karena rute ini merupakan rute terpanjang yang disediakan PT.PAHALA KENCANA. Pengemudi bus memerlukan kebutuhan fisik dan konsentrasi yang tinggi agar bisa mengendalikan bus dengan baik sehingga keamanan dan kenyamanan penumpang dapat terjaga. Dari data kecelakaan transportasi bus yang diperoleh, diketahui bahwa pada tahun 2006 terjadi kecelakaan sebanyak 2.945 unit, tahun 2007 sebanyak 3.278 unit bus, tahun 2008 sebanyak 3.973, tahun 2009 sebanyak 4.586 unit, tahun 2010 sebanyak 5.374 unit, tahun 2011 sebanyak 5.881 unit dan tahun 2012 sebanyak 6.319 unit. Dari tahun 2006-2012 terjadi kenaikan rata-rata kecelakaan sebesar 14,91%. Naiknya jumlah kecelakaan dari tahun ketahun 90% dikarenakan oleh kelalaian manusia atau pengemudi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis beban kerja yang dialami pengemudi bus jurusan Bandung-Denpasar PT. PAHALA KENCANA, yang mana digunakan metode NASA-TLX yang merupakan pengukuran beban kerja subjektif. Pengukuran beban kerja dilakukan dengan menggunakan metode NASA-TLX. Dimana NASA-TLX adalah prosedur rating multidimensional yang membagi workload atas dasar rata-rata pembebanan enam subskala. Subskala tersebut meliputi Mental Demands (MD), Physical Demands (PD), Temporal Demands (TD), Own Performance (OP), Effort (EF), dan Frustation (FR). Untuk prosesnya, setelah diperoleh hasil dari penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada pekerja mesin blow,kemudian dilakukan pembobotan variabel. Pada pembobotan ini dilakukan pembandingan antara ke-6 variabel yang nantinya akan terdapat 15 perbandingan pasangan. Kemudian jawaban dari para pekerja tersebut di uji tingkat konsistensinya dengan menggunakan uji Consistensy Index, apakah jawaban dari para pekerja tersebut konsisten atau tidak. Apabila terbukti tidak konsisten, maka pekerja tersebut diminta untuk menjawab ulang pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada kuesioner. Pemberian rating untuk ke-6 variabel yang terdapat pada beban kerja NASA-TLX dibagi menjadi 5 tingkatan, yaitu sangat rendah (0% s/d 20%), rendah (21% s/d 40%), sedang (41% s/d 60%), tinggi (61% s/d 80%), dan tinggi (81% s/d 100%). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pekerja dalam menjawabnya. Hasil dari pengolahan data tersebut kemudian dijadikan input pada NASA-TLX, sehingga diperoleh besarnya beban kerja yang dirasakan oleh pekerja tersebut. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan dapat diperoleh rata-rata beban kerja sebesar 68,37 % dengan rincian 15 pengemudi (93,8%) yang menilai beban kerja mereka sudah overload dan 1 orang pekerja (6,2%) yang menilai beban kerja sudah optimal load. Dari 6 variabel yang terdapat pada NASA-TLX, terdapat 4 variabel yang memiliki raitng terbesar, yaitu Mental Demands (80%), Effort (65,6%), Temporal Demand (61%) dan Own Performance (67,5%). Sedangkan untuk 2 variabel lainnya berada pada tingkatan sedang , yaitu Physical Demands (56%) dan Frustation (58%). Dari perhitungan rata-rata skor pembobotan variabel NASA-TLX, diperoleh beban kerja dalam kaegori pekerjaan mental dengan prosentase 59% sedangkan kategori pekerjaan fisik hanya 41%. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata beban kerja yang dirasakan oleh pengemudi bus Pahala Kencana jurusan Bandung-Denpasar ini dominasi oleh kategori pekerjaan mental Kata kunci: beban kerja, Nasa-TLX
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri 2013 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 06:28 |
Last Modified: | 10 Nov 2017 06:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31802 |
Actions (login required)
View Item |