PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian tindakan kelas pada tema 9 Kayanya Negeriku di kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung)

AI DARWATI, 135060278 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA (Penelitian tindakan kelas pada tema 9 Kayanya Negeriku di kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi lemahnya motivasi siswa terhadap materi Kekayaan Sumber Energi di Idonesia pada Kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan guru sehari -hari adalah metode ceramah sehingga siswa cenderung menjadi pasif dan pembelaj aran akan berpusat pada guru . Terkait dengan permasalahan tersebut maka yang menjadi permasalahan adalah model yang digunakan guru belum efektif, sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan model Discovery Learning. Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan mengguakan model Discovery Learning ? sehingga peneliti dapat menyimpulkan tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia di kelas IV SD Negeri 130 kota Bandung. Model Discovery Learning menurut Oemar Hamalik menyatakan bahwa discovery adalah proses pembelajaran yang menitikberatkan pada mental intelektual pada mental intelektual para anak didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep atau generalisasi yang dapat diterapkan dilapangan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas model yang peneliti kembangkan ke dalam tiga siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data dari lembar observ asi, catatan lapangan, hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar dari 61,83 % menjadi 63,88 % sedangkan siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 63,88 % menjadi 75,88 %. Dan pada siklus III menalami peningkatan hasil belajar dari 75,88 % menjadi 85,27 % . Jadi dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar siswa terhadap subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia di kelas IV SD Negeri 130 Sekelimus Kota Bandung. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:11
Last Modified: 18 Oct 2017 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31004

Actions (login required)

View Item View Item