YUSI SULASTINI, 135060180 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Kayanya Negeriku di Kelas IV SD Negeri Drawati 02 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (671kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran yang menekankan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dimana siswa dapat menemukan atau meneliti masalah berdasarkan fakta untuk memperoleh data, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dan membimbing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini laksanakan di kelas IV SDN Drawati 02. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor dari guru yang masih menggunakan metode konvensiaonal secara parsial dan faktor siswa itu sendiri yang masih belum biasa berperan aktif serta siswa cenderung hanya menerima informasi dari guru saja pada saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari III siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes-non tes (Observasi, dan dokumentasi). Hasil penelitian ini menjukan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar pretest sebesar 40% sedangkan posttest 48.6%, pada siklus II hasil belajar pretest sebesar 57.2% sedangkan posttest 68.6%, dan pada siklus III hasil belajar pretest sebesar 80% dan posttest sebesar 91.4%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Kata kunci: Model Inkuiri, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:52 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30915 |
Actions (login required)
View Item |