SALMA KARDIYANTI, 135050065 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
4 ABSTRAK BINDO.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
5 ABSTRACT BING.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (655kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu aspek kognitif atau kemampuan dasar matematika yang mencakup pengetahuan dan keterampilan menyelesaikan masalah rutin maupun non-rutin dalam matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning; dan (2) untuk mengetahui apakah pencapaian productive disposition siswa yang memperoleh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pengambilan sampel secara acak menurut kelas. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP Al Falah Kota Bandung dengan sampelnya diambil dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes tipe uraian untuk kemampuan pemecahan masalah matematis, dan skala productive disposition yang menggunakan model skala Likert. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning; dan (2) pencapaian productive disposition siswa yang memperoleh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) memberikan pengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan productive disposition siswa sehingga dapat menjadi salah satu rekomendasi alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Productive Disposition.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 06:44 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 06:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30891 |
Actions (login required)
View Item |