DINA SUMIATI, 135050086 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB III.pdf Download (516kB) | Preview |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Matematika sebagai salah satu disiplin ilmu yang diberikan di sekolah, menjadikan kemampuan pemahaman matematis sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning dan untuk mengetahui pencapaian Productive Disposition siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes.populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA PGRI 1 Bandung. Adapun sampel penelitiannya yaitu dua kelas dipilih secara acak, kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan X IPS 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran Discovery Learning. Dan menggunakan skala Productive Disposition berisikan pernyataan-pernyataan mengenai kebiasaan siswa terhadap pembelajaran matematika. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan bantuan aplikasi software SPSS 16.0 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning; dan (2) Pencapaian Productive Disposition siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning. Dari kesimpulan, maka penulis menyarankan kepada guru untuk mempertimbangkab pembelajaran dengan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan skala Productive Disposition. Kata Kunci : Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R), Kemampuan Pemahaman Matematis, dan Productive Disposition
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 03:06 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 03:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30841 |
Actions (login required)
View Item |