PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING CYCLE (ALC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMK

MAWAR IZZATI KHAIRUNA, 135050067 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING CYCLE (ALC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

MAWAR IZZATI KHAIRUNA. 2017. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING CYCLE (ALC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMK”. Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah siswa memiliki kesulitan untuk mampu berpikir secara kritis dan terlalu cemas dalam menghadapi pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran matematika siswa hanya mampu menguasai matematika sebatas memecahkan satu permasalahan sederhana, tetapi mereka tidak mampu menyelesaikan masalah yang kompleks dan memerlukan pemahaman yang mendalam, dan siswa selalu merasa tidak nyaman, gelisah, takut terhadap pembelajaran matematika. Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mengurangi kecemasan matematis, dilakukan pembelajaran matematika dengan model Accelerated Learning Cycle (ALC). Penelitian ini mengguna kan metode eksperimen dengan populasi siswa kelas X RPL SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Kabupaten Bandung. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan nontes telah diujicobakan dengan validitas dan reabilitas yang tinggi dan cukup. Instrumen tes berupa soal uraian berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan instrumen nontes berupa angket kecemasan matematis. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Accelerated Learning Cycle (ALC) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model konvensional serta berkurangnya kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Accelerated Learning Cycle (ALC) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model konvensional. Kata Kunci : Model Accelerated Learning Cycle (ALC), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kecemasan Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2017 04:29
Last Modified: 07 Oct 2017 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30401

Actions (login required)

View Item View Item