MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA SISWA SMA

M IQBAL PAJARUDIN S, 135050066 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover SKRIPSI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Nilai matematika yang relatif rendah salah satu penyebabnya adalah rendahnya pemecahan masalah matematik pada siswa. Kurangnya pemecahan masalah matematik pada siswa bisa disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang tidak efek, model pembelajaran yang kurang tepat sehingga tujuan pembelajarannya tidak tercapai. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran akan efektif dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa menjadi meningkat. Adapun salah satu alternatif pembelajaran yang diharapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yaitu model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA). Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negri 1 Rancaekek dengan sampelnya siswa kelas X SMA Negri 1 Rancaekek menggunakan kelas yang ada. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan angket disposisi matematik. Tes dan angket diujicobakan terlebih dahulu. Dari hasil uji coba soal-soal dan pernyataan angket semuanya berkategori baik, oleh karena itu soal-soal dan pernyataan angket memenuhi syarat sehingga layak dijadikan instrumen penelitian. Analisis data hasil penelitian menggunakan program IBM SPSS Statistic 23 for Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Means Ends-Analysis lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional, 2) disposisi matematik siswa yang memperoleh model pembelajara Means-Ends Analysis (MEA) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) tidak terdapat korelasi antara disposisi matematik dengan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA).4) tidak terdapat korelasi antara disposisi matematik dengan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Means-Ends Analysis dan Disposisi Matematik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:20
Last Modified: 02 Oct 2017 04:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30137

Actions (login required)

View Item View Item