INTAN NURAIDAH, 135020038 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lengkong Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lengkong) Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini membahas mengenai penerapan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa (studi kuasi eksperimen kelas xi IPS di sma negeri 1 lengkong) tahun ajaran 2016/2017 yang dilatar belakangi dengan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar ekonomi di SMAN 1 Lengkong dengan rumusan masalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas expriment sebelum dan sesudah menggunaan model pembelajaran make a match (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kartu arisan (3) Bagaimana perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran make a match? Penelitian ini memfokuskan membahas mengenai, penerapan make a match dan model-model pembelajaran sebagai kerangka pemikirannya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen, dengan subjek dan objek penelitian adalah siswa-siswi kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Dimana kelas XI IPS 3 dijadikan kelas kontrol dan XI IPS 2 dijadikan kelas eksperimen. tempat penelitian di sekolah SMAN 1 Lengkong instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis dan studi dokumentasi. Prosedur dan teknik pengolahan data menggunakan pendekatan statistika. Dengan hasil perhitungan uji validitas untuk uji istrumen sebanyak 25 orang siswa dengan tingkat signifikasi 5%, di dapat nilai,r product momen adalah 0,396. Dengan Uji Reliabilitas sebesar 0.854 (sangat tinggi) tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik. Dari hasil penerapan make a match siswa yang mencapai KKM lebih dari 70 yaitu sebanyak 22 siswa (70-90) sedangkan hasil kelas kontrol siswa yang mencapai KKM lebih dari 70 yaitu sebanyak 9 siswa (70-90). Berdasarkan Hasil pengolahan melalui SPSS for Windows Versi 21 diperoleh bahwa nilai signifikansi data tes awal (pretest) kelas eksperimen sebesar 0.223 (normal) dan signifikansi data tes akhir (posttest) kelas eksperimen sebesar 0.457 (normal). terlihat rata-rata nilai gain ternormalisasi yang di capai oleh siswa kelas eksperimen pada saat pretest sebesar 32.48 sedangkan pada saat posttest sebesar 77.60 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar dengan 0,67 interpretasi sedang Dilihat dari rata-rata pretest dan posttest terdapat perbedaan Hasil Belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran make a match. Kata Kunci: Make A Match, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 04:39 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29811 |
Actions (login required)
View Item |