PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA

DINI ELIA KHAIRUNNISA, 135050060 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB III.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
9 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
10 Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dini Elia Khairunnisa. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SMA. Kemampuan pemahaman matematis dan disposisi matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman matematis dan disposisi matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah pembelajaran CUPs dengan strategi TTW. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CUPs dengan strategi TTW lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) untuk mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CUPs dengan strategi TTW lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara disposisi matematis dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CUPs dengan strategi TTW; 4) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara disposisi matematis dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Rancakek tahun ajaran 2016/2017. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas X Mia-1 dan X Mia-2 yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian kemampuan pemahaman matematis dan skala disposisi matematis menggunakan skala Likert. Tes dan skala disposisi matematis diujicobakan terlebih dahulu di kelas XI SMAN 1 Rancaekek. Dari hasil uji coba diperoleh bahwa semua soal tes dan skala disposisi matematis layak untuk digunakan pada penelitian. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CUPs dengan strategi TTW lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CUPs dengan strategi TTW lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) terdapat korelasi antara disposisi matematis dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CUPs dengan strategi TTW; 4) terdapat korelasi antara disposisi matematis dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Strategi Think Talk Write (TTW), Kemampuan Pemahaman, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Sep 2017 03:06
Last Modified: 15 Sep 2017 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29295

Actions (login required)

View Item View Item