ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KAMPANYE TIGA PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA DALAM MEDIA ONLINE CNNINDONESIA.COM DAN METROTVNEWS.COM

Raden Andrew Mikail, 132050253 (2017) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KAMPANYE TIGA PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA DALAM MEDIA ONLINE CNNINDONESIA.COM DAN METROTVNEWS.COM. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 2.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Framing Pemberitaan Kampanye Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Dalam Media Online CNNIndonesia.com Dan Metrotvnews.com.” Pada dasarnya bingkai media atau lebih dikenal dengan framing, merupakan metode untuk melihat bagaimana cara media bercerita atas sebuah peristiwa. Framing melihat bagaimana pesan atau peristiwa dikonstruksi oleh media. Bagaimana wartawan mengkonstruksi peristiwa dan menyajikannya kepada khalayak. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik, dan struktur retoris dalam pemberitaan kampanye pemilihan gubernur DKI Jakarta, serta untuk mengetahui bagaimana media online CNNIndonesia.com dan Metrotvnews.com membentuk dan mengorganisasikan informasi terkait pemberitaan kampanye pemilihan gubernur kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan model analisis framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Lalu metode pengumpulan datanya adalah studi dokumentasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan pengumpulan data online (internet searching). Sedangkan rancangan analisis datanya menggunakan rancangan analisis data kualitatif, yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusing drawing atau verification. Keseluruhan hasil analisis framing yang dilakukan terhadap pemberitaan kampanye pemilihan gubernur DKI Jakarta, penulis menemukan bahwa berita yang dimuat dalam media online CNNIndonesia.com dan Metrotvnews.com sudah dalam porsi yang sewajarnya dan dapat dikatakan objektif, yang dimaksud dengan objektif karena didukung fakta atau data. Berita-berita yang dimuat dalam dua media online tersebut telah menggunakan beberapa sumber untuk memperhatikan keobjektifitasan media dan berimbangnya informasi maupun data, meskipun masih ada keberpihakan dari kedua media tersebut dalam memberitakan salah satu pasangan. Namun, upaya pembingkaian tersebut masih berada dalam batas kewajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 30 May 2017 03:33
Last Modified: 30 May 2017 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item View Item