PEMILIHANKOMPRESOR DENGAN KAPASITAS 15 MMSCFD, TEKANAN SUCTION 175 PSIG DAN TEKANAN DISCHARGE 425 PSIG DI NFG SPU-A FIELDJATIBARANG PT PERTAMINA EP ASSET 3

ARIYADI LENGGAR SATRIYO, Alumni and Syahbardia, Ds and Agus Sentana, DS (2016) PEMILIHANKOMPRESOR DENGAN KAPASITAS 15 MMSCFD, TEKANAN SUCTION 175 PSIG DAN TEKANAN DISCHARGE 425 PSIG DI NFG SPU-A FIELDJATIBARANG PT PERTAMINA EP ASSET 3. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknikkkk Unpas.

[img] Text
Lampiran 4.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Tugas akhir Ariyadi L S 133030173.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran 3.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Lampiran 2.pdf

Download (509kB)
[img] Text
lampiran 1.pdf

Download (323kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Pertamina EP field jatibarang merupakan salah satu lapangan eksplorasi produksi minyak dan gas di Indonesia yang banyak menggunakan metode gaslift untuk mengangkat minyak ke permukaan yang memanfaatkan kompresor untuk mendapatkan gas bertekanan tinggi. Kondisi saat ini yang ada di field jatibarang belum mempunyai kompresor yang cukup untuk supply kebutuhan gas lift tersebut sehingga memerlukan bantuan Pertagas untuk melakukan proses kompresi dengan biaya 0,44 US$ per MSCFD.Berdasarkan kondisi tersebut, PT Pertamina EP akan melakukan analisis untuk mengetahui spesifikasi kompresor yang sesuai dengan kondisi operasi yang ada di field jatibarangsehingga biaya kompresi dapat dihilangkan. Perhitungan untuk mengetahui spesifikasi kompresor dimulai dengan menghitung sifat-sifat kimia dari natural gas yang didapatkan dari komposisi kimia gas. Perhitungan actual flow dan tekanan discharge digunakan untuk mengetahui tipe kompresor yang sesuai dengan kebutuhan. Sizing dilanjutkan dengan menentukan jumlah stage berdasarkan rasio kompresi, kemudian perhitungan diameter silinder dan daya yang dibutuhkan. Langkah selanjutnya adalah menghitung rod load untuk mengetahui beban maksimum yang terjadi pada piston rod. Kemudian yang terakhir adalah mengevaluasi TCO (total cost ownersip ) untuk masing masing spesifikasi kompresor yang telah dipilih. Sesuai dengan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa spesifikasi kompresor terbaik yang dipilih adalah kompresor Ariel JGT/2 dengan engine Caterpillar G3512 LE.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 04 Feb 2017 02:25
Last Modified: 04 Feb 2017 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item View Item