KAJIAN KONSENTRASI PELARUT ASETON DAN LAMA WAKTU MASERASI TERHADAP KARAKTERISTIK PIGMEN KAROTENOID BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana) SEBAGAI ZAT WARNA ALAMI

Melia Fajar Juniarti, Alumni and Yusman Taufik, DS and Hasnelly, DS (2016) KAJIAN KONSENTRASI PELARUT ASETON DAN LAMA WAKTU MASERASI TERHADAP KARAKTERISTIK PIGMEN KAROTENOID BUAH CAMPOLAY (Pouteria campechiana) SEBAGAI ZAT WARNA ALAMI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi B Inggris.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
KAJIAN KONSENTRASI PELARUT ASETON DAN LAMA WAKTU MASERASI TERHADAP KARAKTERISTIK PIGMEN KAROTENOID BUAH ~0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

pewarna alami adalah pewarna yang secara alami ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Itu bahan yang digunakan dalam pembuatan pigmen karotenoid yang buah Tjampolay dan aseton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan konsentrasi aseton, yang waktu maserasi, dan interaksi antara dua pigmen karotenoid untuk menghasilkan buah Tjampolay baik. Metode yang digunakan melibatkan dua langkah penelitian; studi pendahuluan dan studi prima. Dalam penelitian pendahuluan, penulis ditentukan rasio yang tepat antara aseton dan buah Tjampolay. Kemudian, dalam studi utama, penulis menggunakan Acak desain Lengkap (RCB) dan desain pengobatan yang terdiri dari dua faktor, yaitu faktor P (konsentrasi aseton) dan faktor M (Waktu maserasi) .suatu tanggapan digunakan dalam studi pendahuluan yang remenden Total dan jumlah kandungan karotenoid. Analisis Rancangan yang digunakan dalam penelitian utama adalah respon fisik (rendemen total), respon kimia (Total karotenoid konten dan pengukuran pH), dan tes lanjutan pada sampel yang dipilih yang merupakan uji stabilitas dari total pigmen karotenoid. Hasil pertama Langkah ini mendapatkan perbandingan yang baik antara aseton dan buah Tjampolay (1: 3). Kemudian, hasil dari langkah kedua menunjukkan bahwa interaksi antara konsentrasi aseton dan maserasi waktu tidak berpengaruh signifikan terhadap respon fisik dan kimia, sedangkan faktor konsentrasi aseton memiliki berpengaruh signifikan terhadap rendemen Total tetapi tidak mempengaruhi pH karotenoid yang pigmen. Selain itu, faktor waktu maserasi mempengaruhi total karotenoid tingkat signifikan tetapi tidak mempengaruhi sampel pH.The yang dipilih berdasarkan uji skoring yang p2m2 (konsentrasi aseton 80% dan 4-daymaceration) dengan 21,08% dari total rendemen, 271,44 mg / kandungan karotenoid gtotal dan pH 4,87. Hasil uji stabilitas menunjukkan bahwa pigmen karotenoid yang tjampolayis stabil forthe suhu rendah tidak untuk suhu tinggi. Kemudian, Suhu pengobatan dan waktu penyimpanan tidak mempengaruhi nilai pH pada Tjampolay buah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Feb 2017 07:29
Last Modified: 18 Mar 2021 05:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15776

Actions (login required)

View Item View Item