PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAHKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SDIT Al-Madani Prima Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Tahun 2016/2017)

MIRDA NUR ROHMAN, 125060011 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAHKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SDIT Al-Madani Prima Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Tahun 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (indonesia).pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (inggris).pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (sunda).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDIT Al -Madani Prima dengan subjek penelitian adalah kelas III. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Sikap Jujur dan Hasil Belajar Siswa. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada KD Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah dengan model Problem Based Learning dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri atas 11 orang laki-laki dan 14 orang perempuan,adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah observasi, evaluasi hasil belajar siswa berupa pre tes dan post tes. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes dan lembar observasi. Dari hasil belajar,Rata-rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 66 kemudian dilakukan tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 76 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus II mendapatkan hasil 80,2. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase nilai awal siswa yang tuntas adalah 24% dengan kemudian Siklus I mengalami peningkatan menjadi 84% dilanjutkan kembali pada siklus II menjadi 88% dari jumlah 25 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada materi Lingkungan Rumah dan Sekolahku dapat meningkatkan Sikap Jujur dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Problem Based Learning,Sikap Jujur,dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:47
Last Modified: 31 Jan 2017 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item